Jumat, 23 November 2018

8 FAKTA UNIK PELAYARAN FERDINAND MAGELLAN YANG TAK BANYAK DIKETAHUI



Fakta Unik Pelayaran Ferdinand Magellan – Kita semua pasti tahu bahwa Ferdinand Magellan merupakan salah satu orang Portugis yang melakukan pelayaran pertama untuk mengelilingi dunia. Pelayaran yang dilakukan oleh Magellan dimulai dari sekitar tahun 1519 M yang akhirnya memunculkan beberapa fakta unik pelayaran Ferdinand Magellan yang tak diketahui oleh banyak orang. Salah satu fakta unik pelayaran Ferdinand Magellan adalah bahwa ternyata ia bukan orang pertama yang berlayar mengelilingi dunia. Para peneliti mengungkapkan bahwa ada orang lain yang berhasil menjelajah dunia bahkan sebelum Magellan.

Fakta Sejarah Perjalanan Ferdinand Magellan Selama Berlayar Mengelilingi Dunia

Setidaknya berikut adalah beberapa fakta unik pelayaran Ferdinand Magellan yang harus Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Magellan Memiliki Kru Multinasional

Meskipun pelayaran Magellan terkenal sebagai ekspedisi Spanyol, namun faktanya tak semua armada kapal merupakan orang-orang Spanyol dan Portugis. Setidaknya ada beberapa latar belakang armada kapal Magellan yang juga dipegang oleh orang Yunani, Inggris, Sisilia, Jerman, Prancis, dan Afrikan Utara. Mengapa demikian? Hal ini karena pada waktu itu, penguasa armada yang berasal dari Portugis sendiri dapat dibilang masih sedikit sehingga diambillah armada kapal dari negara lain untuk menemani pelayaran Magellan.

Ketika Memulai Pelayaran, Magellan Dicap Sebagai Penghianat

Fakta menarik pelayaran Ferdinand Magellan yang selanjutnya adalah ia ternyata dianggap sebagai penghianat oleh penguasa Portugis saat itu yakni Raja Manuel I. Hal ini karena meskipun Magellan merupakan pelayar berkebangsaan Portugis, namun semua dana pelayaran disuplai oleh kerajaan Spanyol yang saat itu dipimpin Raja Charles I. Padahal hubungan Spanyol dan Portugas kala itu sedang tidak baik.

Meskipun Magellan mendapatkan ancaman bahwa dirinya serta keluarganya akan dicap sebagai penghianat kerajaan, namun Magellan sepertinya tak begitu terganggu oleh hal tersebut. Pasalnya ia sangat ingin melakukan ekspedisi pelayaran untuk mengitari seluruh dunia.

Terjadinya Pemberontakan Kru Pelayaran di Kapal Magellan



Fakta unik pelayaran Magellan yang berikutnya adalah sempat terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh kru atau armada kapal Magellan. Hal ini dipicu oleh tidak sukanya awak kapal yang berasal dari Spanyol terhadap kepemimpinan Magellan sebagai kapten kapal, yang berkebangsaan Portugis. Namun karena jumlah pemberontak dapat dikatakan lebih kecil dibandingkan pendukung gagasan Magellan, akhirnya pemberontakan kru kapal Magellan dapat digagalkan.

Para pemberontak di kapal Magellan pun mendapatkan hukuman yang bermacam-macam. Ada yang buang di tengah-tengah laut, di damparkan di pulau, hingga dibunuh. Hal tersebut dilakukan agar Magellan dan para awak kapal yang mendukungnya tetap dapat menyelesaikan misi mereka untuk berlayar mengelilingi dunia.

Magellan Menemukan Raksasa di Wilayah Amerika Selatan



Ketika tiba di wilayah Amerika Selatan, Ferdinand Magellan menemukan seorang manusia raksasa. Fakta unik pelayaran Ferdinand Magellan ini ditemukan oleh peneliti ketika membaca laporan pelayaran tim Magellan waktu itu. Raksasa tersebut ditemukan tepatnya di daerah Argentina. Magellan dan kru kapalnya menemukan manusia setinggi 8 kaki. Raksasa tersebut dibaptis dan dinamai Paul.

Menurut sejarawan, raksasa setinggi 8 kaki tersebut adalah adalah anggota Tehuelche, yakni suku Indian asli Amerika. Dulu mereka mudah ditemukan di daerah Argentina dan Chile. Meski demikian, para sejarawan menganggap catatan pelayaran Magellan tentang tinggi manusia 8 kaki tersebut terlalu berlebihan.

Menemukan Selat Magellan

Setelah kapal Magellan terserang badai di sekitar Amerika Selatan, akhirnya salah satu kapal Magellan hancur. Armada kapal tersebut akhirnya memasuki sebuah Selat yang nantinya diberi nama Selat Magellan. Hal ini terjadi di bulan November 1520. Saat memasuki Selat ini, Magellan dan krunya percaya mereka akan menemukan daerah dengan rempah-rempah yang banyak. Namun faktanya, kapal mereka tidak menemukan apapun dan malah berlabuh tanpa arah di Samudra Pasifik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Hitler Selama Perang Dunia 1

Membawa Misi Tersembunyi: Kristenisasi

Fakta unik pelayaran Ferdinan Magellan yang selanjutnya adalah ternyata Magellan membawa sebuah misi tersembunyi, yakni Kristenisasi. Meskipun misi utamanya adalah menjelajahi dunia dan menemukan pulau penghasil rempah-rempah, namun Magellan selalu berusaha untuk mengkristenkan suku-suku yang ditemuinya. Adapun contoh yang paling menonjol dalam sejarah pelayaran Magellan adalah pembabtisan Raja Cebu, Humabon, beserta ribuan rakyatnya oleh Magellan pada bulan April 1521.

Magellan Bukan Orang Pertama yang Mengelilingi Dunia



Fakta unik pelayaran Ferdinand Magellan yang tak kalah mencengangkan adalah ternyata Magellan bukan orang pertama yang mengelilingi dunia. Mengapa? Hal ini karena di kru kapalnya, terdapat seseorang yang memiliki peran penting. Ia bernama Enrique. Peneliti sejarah mengatakan bahwa Enrique merupakan budak Magellan yang dapat berbicara dengan dialek Melayu. Bahkan ketika sampai di Filipina, Enrique bertindak sebagai penerjemah khusus Magellan.

Dalam catatan sejarah, Enrique merupakan orang yang berasal dari Hindia Timur. Dengan kata lain, saat menemani pelayaran Magellan, ia sudah berhasil mengelilingi dunia dan akhirnya kembali lagi ke tanah airnya.

Magellan Bukan Orang Asing Pertama yang Memasuki Filipina



Pada catatan pelayaran Magellan, mereka mengungkapkan bahwa tujuan akhir pelayaran, yakni Filipina adalah capaian yang luar biasa. Ini karena tak pernah ada kapal asing yang mampu mencapai Filipina pada masa itu. Namun fakta menyebutkan bahwa terdapat pelaut lain yang berhasil mencapai Filipina jauh sebelum Magellan. Setidaknya 100 tahun sebelum ekspedisi Magellan dilakukan, Laksamana Cheng Ho (Zheng He) merupakan pedagang pertama yang tiba di Filipina.

Baca Juga: Fakta, Latar Belakang, dan Penyebab Perang Dunia 1

Bahkan kapal yang dibawa oleh Cheng Ho terbilang lebih besar dibandingkan kapal Magellan. Kapal Cheng Ho sendiri mampu menampung hingga ribuan awak kapal hingga barang-barang berat yang tentu tak mampu dibawa oleh kapal Magellan. Inilah fakta unik ekspedisi Ferdinand Magellan.

Setidaknya itulah beberapa fakta unik pelayaran Ferdinand Magellan yang harus Anda ketahui. Melihat sejarah dan fakta unik di atas, dapat disimpulkan bahwa pada jaman dulu, tanpa adanya teknologi canggih seperti sekarang, manusia telah mampu melakukan hal yang luar biasa dan tak dapat dinalar. Semoga ulasan mengenai fakta ekspedisi Ferdinand Magellan kali ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon