Selasa, 27 November 2018

Biografi Joko Widodo: Informasi Biografi Singkat Jokowi dan Agamanya

Biografi Joko Widodo (JOKOWI): Informasi Biografi Singkat Jokowi dan Agamanya
Biografi Joko Widodo – Bukan orang yang kaya, Presiden Indonesia yang ke-7, Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan Jokowi berasal dari keluarga sederhana. Bahkan dapat dikatakan bahwa kehidupan kecil Jokowi sangat keras. Saat beliau masih kecil, rumahnya pernah mengalami penggusuran sebanyak 2 kali. Meski demikian, hal tersebut tak menghalangi Joko Widodo untuk mengenyam pendidikan tinggi. Menurut catatan biografi Joko Widodo, beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran UGM (Universitas Gadjah Mada). Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai Biografi Joko Widodo secara lengkap.

Biografi Joko Widodo

Sekilas tentang biografi singkat Jokowi, beliau mulai terjun ke dunia politik di tahun 2005 sebagai Wali Kota Surakarta. Setelah itu, berkat sepak terjangnya, beliau berhasil mengubah wajah Surakarta menjadi Kota Batik, Kota Budaya, hingga Kota Pariwisata. Setelah itu, di tahun 2012, Jokowi melanjutkan karir politiknya sebagai Wali Kota Jakarta. 2 tahun setelah menjabat, ia kemudian memenangkan Pemilihan Presiden tahun 2014. Jokowi hari ini masih menjadi presiden hingga awal tahun 2019 nanti. Adapun biodata Jokowi dan Agamanya adalah sebagai berikut:
  • Nama Lengkap : Ir. H. Joko Widodo
  • Nama Panggilan : Jokowi
  • Agama : Islam
  • Tempat Tanggal Lahir : Surakarta, 21 Juni 1961
  • Hobi : Travelling dan Membaca
  • Partai Politik : PDI (Partai Demokrasi Indonesia) Perjuangan
  • Istri : Nyonya Hj. Iriana Joko Widodo
  • Anak : Gibran Rakabuming Raka, Kahyang Ayu, Kaesang Pangarep
  • Almamater : UGM (Universitas Gadjah Mada) Yogyakarta
  • Jabatan Presiden : 2014 - 2019

Biografi Singkat Jokowi : Sebagai Walikota Solo Hingga Walikota Jakarta

Pada tahun 2015, Jokowi berhasil terpilih menjadi Walikota Solo. Sejak saat itu, banyak sekali terobosan dan perkembangan yang telah dimunculkan di era kepemimpinannya sebagai Walikota. Sebelum dipegang oleh Jokowi, belum ada hal yang menarik dan menonjol di kota tersebut. Namun setelah Jokowi menjabat, wajah Solo kemudian berubah. Pasalnya Jokowi memunculkan potensi-potensi tersembunyi Solo yang pada saat itu belum terjamah. Hasilnya Solo menjadi Kota Batik, Kota Budaya, dan Kota Pariwisata.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Pelayaran Ferdinand Magellan yang Tak Banyak Diketahui

Kemudian di tahun 2012, Jokowi dicalonkan oleh PDIP sebagai kader untuk menduduki posisi Walikota Jakarta. Sama halnya saat beliau menjabat sebagai Walikota Jakarta, jabatan Gubernur yang dipegang oleh Jokowi pada saat itu juga mendapatkan banyak prestasi. Wajah Jakarta yang terkenal ‘suram’ kemudian diubah lebih ‘humanis’. Dari sepak terjangnya itu, banyak sekali media yang memberitakan tentang prestasi Jokowi. Tak sedikit pula pihak yang menginginkannya untuk naik ke jabatan presiden. Akhirnya Jokowi terpilih sebagai presiden ke-7 Indonesia (2014-2019).

Biografi Singkat Jokowi: Karir dan Pendidikan

Saat mengulas tentang biografi Joko Widodo, hal menarik lain yang tentu tak boleh dilewatkan adalah riwayat karir serta pendidikan yang pernah ditempuhnya. Untuk pendidikan, Joko Widodo pernah sekolah di SMP Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 6 Surakarta, dan Fakultas Kehutanan UGM (Universitas Gadjah Mada). Sedangkan untuk karir, Jokowi pernah menjabat sebagai Walikota Surakarta (2005-2012), Gubernur Jakarta (2012-2017), dan Presiden Indonesia (2014-2019).

Baca Juga: Fakta, Latar Belakang, dan Penyebab Perang Dunia 1

Melihat biografi singkat Jokowi di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa semua hal yang dirasa tak mungkin akan tercapai ketika seseorang sudah memiliki tekad yang kuat. Bahkan anak yang pernah hidup susah pun dapat menjadi Presiden Indonesia. Tak hanya itu, nama Joko Widodo masuk dalam 100 orang paling berpengaruh di dunia. Demikian biografi Joko Widodo, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon