Rabu, 21 November 2018

Fakta, Latar Belakang, dan Penyebab Perang Dunia 1

Meskipun sudah berlalu cukup lama, namun mengulas tentang fakta perang dunia 1 menjadi hal yang menarik. Hal ini karena perang dunia 1 menjadi sebuah sejarah peradaban manusia yang tentu tak dapat dilupakan. Terdapat banyak sekali kerugian yang dirasakan oleh masing-masing negara yang terlibat pada perang dunia 1. Bahkan ribuan nyawa harus melayang dalam perang tersebut. Ada banyak sekali fakta perang dunia 1 yang mungkin tidak diajarkan di buku-buku sejarah tingkat Sekolah. Namun beberapa peneliti berhasil mengungkapkan beberapa fakta perang dunia 1 yang tentu menarik untuk diulas.



Penyebab Perang Dunia 1

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai fakta perang dunia Satu, ada baiknya jika Anda memahami penyebab terjadinya perang dunia I. Adapun beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

Muncul Aliansi Pertahanan Antar Negara

Pada masa itu, negara-negara di seluruh benua Eropa membuat perjanjian yang akhirnya memunculkan aliansi pertahanan antar negara. Isi dari perjanjian tersebut adalah ketika negara sekutu diserang oleh negara lawan, maka aliansi negara harus turut membantu. Beberapa Aliansi pertahanan antar negara terbentuk sebelum meletusnya perang dunia 1 adalah Serbia dan Rusia, Prancis dan Rusia, Jerman dan Austria-Hungaria, Jepang dan Inggris, serta Prancis, Inggris, dan Belgia.

Ketika itu, Austria-Hungaria menyatakan akan berperang melawan Serbia. Kemudian Rusia sebagai sekutu Serbia terlibat perang untuk membela Serbia. Jerman yang kala itu melihat pergerakan Rusia akhirnya juga menyatakan akan menyerang Rusia.

Kemudian Prancis turut menyerang Austria-Hungaria dan Jerman. Jerman menyerang balik Prancis melalui Belgia sehingga membuat negara Inggris ikut terpicu untuk berperang melawan Jerman. Jepang kemudian membantu Inggris dalam perang dunia 1.

Militerisme

Penyebab perang dunia 1 yang selanjutnya adalah di awal abad ke-20, negara-negara di Eropa sedang berlomba-lomba dalam hal persenjataan. Pada tahun 1914, Jerman tercatat sebagai negara dengan kekuatan militer paling besar. Di samping itu, Inggris juga sedang mengembangkan kekuatan militer mereka. Terjadinya peningkatan kekuatan militer inilah yang akhirnya memicu meletusnya perang dunia 1.

Semangat Nasionalisme

Negara di seluruh Eropa pada masa itu sedang gencar membuktikan dominasi masing-masing negara. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu latar belakang perang dunia 1.

Fakta Perang Dunia 1 yang Menarik untuk Diulas

Seperti yang dijelaskan di atas, sebagian besar dari kita mungkin belum begitu memahami tentang fakta perang dunia 1 yang terbilang unik. Setidaknya ada beberapa fakta yang perlu Anda pahami tentang perang dunia 1. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Terjadinya Ledakan di Prancis yang Terdengar di London

Tim penambang bekerja rahasia menggali terowongan di bagian bawah parit selama perang terjadi. Tujuannya adalah untuk meledakkan tambang di sana. Ledakan tersebut akhirnya menghancurkan baris depan Jerman yang terkenal sangat kuat. Saking besarnya, ledakan itu terdengar hingga di London, sekitar 140 mil jauhnya.

Kecurigaan Amerika terhadap Jerman

Di Amerika, muncul kecurigan yang tinggi terhadap Jerman. Bahkan semua yang berhubungan dengan Jerman ‘dimusnahkan’ dari Amerika. Mulai dari dibunuhnya anjing-anjing gembala Jerman, larangan menggunakan berbagai nama-nama yang berhubungan dengan Jerman, hingga pemusnahan buku-buku Jerman. Warga Amerika pada masa itu juga dilaran menggunakan Bahasa Jerman. Padahal Bahasa Jerman merupakan Bahasa paling banyak kedua yang digunakan di Amerika saat itu.

Baca Juga: 5 Kesalahan Hitler Selama Perang Dunia

Majunya Ilmu Kedokteran Modern

Fakta Perang Dunia 1 yang cukup menarik adalah ilmu kedoteran modern yang mulai berkembang. Pada perang dunia 1, banyak sekali wajah tentara yang rusak akibat peluru sehingga sebagian besar mereka menggunakan masker ketika kembali dari medan perang. Hal ini yang kemudian memicu ilmu operasi plastik.

Warna Kulit Perempuan Menjadi Kuning



Pada perang dunia 2, warna kulit perempuan menjadi kuning. Ini adalah salah satu fakta perang dunia 1 yang terbilang unik. Alasannya karena wanita pada masa itu banyak yang bekerja untuk membuat TNT atau bahan peledak. Terlalu banyak terkontaminasi oleh mesiu, akhirnya para wanita di sana menderita penyakit kulit yang beracun.

Terciptanya Cerita Dr. Doolittle

Fakta perang dunia 1 yang terakhir adalah munculnya cerita Dr. Doolittle. Cerita tersebut lahir dari Hugh Lofting yang tak mau menulis cerita menyeramkan tentang kejamnya perang terhadap anak-anak. Sebaliknya, cerita Dr. Doolittle menyajikan cerita yang sangat inspiratif pada masa itu.

Fakta dan Latar Belakang Perang Dunia 1

Setidaknya itulah fakta perang dunia 1 yang terbilang cukup unik. Dengan begitu, pada kesempatan kali ini Anda juga paham mengenai latar bekang perang dunia 1 yang memang harus diketahui. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon